SEJARAH POLRI
 
HALL OF FAME  
LANTAI 2  
LANTAI 3  
Alur Menu: Lantai 2 --> Perlindungan-Pelayanan-Pengayoman --> Pengamanan Tawuran dan Perkelahian Massal
 
 
Pengamanan Tawuran dan Perkalahian Massal
 

Tawuran atau perkelahian massal kerap kali terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Apalagi di kota Metropolitan, DKI Jakarta, aksi tawuran telah menjadi pemandangan akrab di masyarakat. Biasanya perkelahian massal tersebut terjadi antar kalangan pelajar, geng, kelompok etnis hingga antar kampung (pemukiman).

Konflik biasanya terjadi karena hal-hal kecil, misal, bentrok individu yang kemudian meruncing menjadi bentrok komunal, perebutan lahan ekonomi (parkir, jualan, kawasan mengompas, dll), dan masalah sosial kemasyarakatan lainnya. Fenomena Tawuran ini sudah begitu mengakar dan sulit di pangkas akar-akar permasalahannya. Ibaratnya sudah menjadi penyakit akut dalam masyarakat.

Namun polisi tidak pernah lelah dan berhenti dalam setiap tugasnya menangani setiap peristiwa tawuran berlangsung. Khususnya, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, selalu siap dan siaga menjalani tugas pengamanan, perlindungan, dan pengayoman terhadap warganya dan berupaya penuh turut menyelesaikan akar-akar tawuran dan mem- bereskan serta memproses pihak-pihak yang terlibat dalam tawuran dan yang menjadi provokator atau pemicu perkelahian. Contoh kasus tawuran yang sudah mengakar di Jakarta adalah tawuran antarwarga Matraman Raya, Jakarta Timur, yakni antara warga kompleks Berlan (Kebonmanggis) dengan warga kawasan Palmeriam/ Kayumanis/ Tegalan/ Salemba Utan.



 


Siswa tawuran diamankan polisi.

Tawuran tersebut selalu menciptakan suasana mencekam dan diakhiri dengan jatuhnya korban luka hingga korban jiwa serta kerugian materi yang tidak sedikit, bahkan hingga hitungan milyaran rupiah.

Dalam menangani peristiwa tawuran di Matraman dan di tempat-tempat lain Polda Metro Jaya bersama Pemda DKI dan sejumlah tokoh masyarakat selalu bekerjasama dan berkoordinasi dalam menyelesaikan akar permasalahannya. Polisi pun akan selalu siap sedia, tanggap, dan tangkas atas segala kemungkinan terjadinya tawuran, baik yang berasal dari kalangan pelajar, geng, kelompok etnis, maupun pemukiman atau kampung.




Pengamanan Hari Raya

Pengamanan Tawuran
Operasi Miras
Operasi VCD Bajakan
Pemusnahan Ganja
Pengamanan Sepak Bola
Pengamanan Presiden
Pengamanan
Konser Musik
Pengamanan
Demonstrasi
Pengamanan Lalu Lintas
Polisi dan Anak-anak
Polisi dan Kemanusiaan
Polisi dalam Tugas
Polisi dan Masyarakat
Kekerasan dalam Rumahtangga