SEJARAH POLRI
 
HALL OF FAME  
LANTAI 2  
LANTAI 3  
Alur Menu: Lantai 2 --> Penegakan Hukum --> Kasus Illegal Logging Kalimantan
 
 
Kasus Illegal Logging di Kalimantan
 

Aksi pembalakan liar di hutan-hutan Indonesia sudah berlangsung selama puluhan tahun. Praktek illegal logging merupakan penyebab utama lajunya angka kerusakan hutan yang terus bertambah setiap tahunnya. Dari data yang dimiliki oleh World Wild Fund (WWF), Provinsi Kalimantan Barat tercatat paling tinggi tingkat kejahatan illegal logging-nya.



Dengan diprosesnya beberapa kasus illegal logging oleh Polri, diharapkan nantinya menjadi pertanda yang baik bagi pemberantasan kejahatan kehutanan, walaupun di lapangan kasus semacam ini jumlahnya mencapai ribuan.

Polri membuat pos polisi terapung di perbatasan Kalimantan dengan Malaysia untuk mencegah terjadinya pembalakan liar yang marak melalui wilayah tersebut. Pos terapung itu berada di Pulau Nyamuk, Tanjung Datuk, Teluk Malinau, Sungai Nyamuk dan Nunukan. Pos terapung itu diawaki oleh anggota Polri.



 


Selain itu, Polri juga menempatkan polisi perairan di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Riau untuk mencegah pembalakan liar. Dalam memberantas pembalakan liar, Polri tidak hanya membidik tersangka yang memiliki izin usaha kehutanan tapi juga yang punya ijin tapi melanggar aturan.

Pelanggaran yang dilakukan perusahaan yang punya izin, antara lain menampung kayu ilegal masyarakat, menebang kayu di luar kawasan yang menjadi hak konsesi dan penyalahgunaan surat lelang kayu. Selain menjerat dengan UU Kehutanan, Polri juga menjerat tersangka pembalakan liar dengan UU korupsi, pencucian uang, lingkungan hidup dan konservasi sumber daya alam. Polri kini bertekad untuk menekan pembalakan liar hingga nol bahkan Kapolda dan Kapolres akan dicopot jika membiarkan terjadinya pembalakan liar.





Penculikan Raisah Ali

Sodomi Robot Gedek
Konflik Poso-Sampit
Pembobolan Situs
Bom Natal tahun 2000
Bom BEJ
Human Trafficking
Prosedur Penahanan
Bom Bali 1 & 2
Bom Hotel Marriot
Ryan Pembunuh Berantai
Uang Palsu
Ekstasi di Tangerang
Ekstasi di Cimanggis
Kasus Wonosobo
Illegal Logging
di Kalimantan
Illegal Logging di Riau